Selasa, 16 Juni 2009

Mind Map




Mind map adalah sebuah diagram untuk menguraikan kata, ide, atau apa saja dari 1 kata kunci kemudian dihubungkan ke berbagai hal yang menyangkut dengan kata kunci. Mind map digunakan untuk menghasilkan, mewujudkan, menyusun serta mengklasikfikasikan ide, yang biasa digunakan pada studi, organisasi, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, menulis, dan tak lupa desain.



Asal Usul

Contoh bentuk mind map yang terdahulu sudah digunakan pada abad ke 3. Kemudian filosofer Ramon Llull (1235-1315) juga mengembangkannya. Penulis British Popular Psychology, Tony Buzan mengklaim telah menemukan modern mind mapping. Buzan mengklaim bahwa idenya terinspirasi dari Alfred Korzybski.


Kegunaan

Mind map biasa digunakan untuk memecahkan masalah, baik pribadi maupun organisasi. Mind map juga dapat digunakan sebagai metode belajar efektif. Yang digunakan mind map hanyalah kata kunci, kemudian kita perlu mengembangkannya menjadi sesuatu yang luar biasa. Dalam studi saya (desain), mind map sangatlah penting sekali, disamping brainstorming. Banyak sekali kegunaan mind map di bidang desain. Misalkan jika kita ingin mendesain sebuah kursi yang diinginkan masyarakat dan memiliki nilai jual yang lebih. Tentu saja awalnya kita harus survey terlebih dahulu. Setelah mendapatkan materi survey, barulah kita membuat mind mapping tentang kursi. Kita gunakan mind map ini sebagai acuan untuk mendesain kursi.


Membuat Mind Map Anda Sendiri

Cara membuat mind map sangatlah mudah. Siapkan kertas, alat tulis, serta otak anda. Gunakanlah ukuran kertas yang lebih besar supaya muat banyak tulisan. Pertama, pilihlah kata kunci, kemudian tulislah ditengah-tengah kertas persis. Misalnya kita dapat memilih lampu. Dan mulailah kembangkan dengan menambahkan garis-garis keluar. Pada ujung garis tulislah komponen komponen yang berkaitan dengan kata kunci. Kita bisa tuliskan komponen-komponen umum terlebih dahulu, misalkan : fungsi, bentuk, ukuran, warna, pengguna, jenis, sumber cahaya, dan lain sebagainya. Dari sinilah kita dapat menuliskan komponen-komponen yang lain, bisa komponen sub-umum, khusus, dan spesifik. Tulislah sebanyak mungkin ide yang anda pikirkan. Carilah inspirasi dengan sesekali berdiri atau berjalan-jalan sejenak. Sedikit trik dan tips dalam membuat mind map, gunakanlah garis lengkung-lengkung, karena jika menggunakan garis lurus akan lebih susah dan memakan banyak tempat. Kemudian setiap garis yang menghubungkan kata kunci ke komponen umum, sebaiknya menggunakan warna yang berbeda. Warna yang digunakan bisa dilanjutkan ke akar komponen yang lain hingga komponen terakhir. Ini dimaksudkan agar jika anda melihat kembali mind map anda jadi tidak bingung dan rancu. dapat juga ditambahkan gambar icon kecil untuk memudahkan anda atau orang lain membaca kembali.


Demikianlah pejelasan saya tentang mind map. Semoga dapat berguna untuk anda. Terimakasih atas atensinya.



diambil dari wikipedia, diubah seperlunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar