Minggu, 14 Juni 2009

Luc Donckerwolke




Pernah tahu Supercar Lamborghini Murcielago? Mobil ini termasuk karya dari desainer Luc Donckerwolke. Luc Donckerwolke adalah seorang desainer mobil berkebangsaan Belgia.
Donckerwolke lahir di Lima, Peru, pada tanggal 19 Juni 1965. Donckerwolke belajar di berbagai kota di Amerika Selatan serta Afrika sebelum akhirnya studi Teknik Industri di Brussel dan Desain Transportasi di Vevey, Swiss.



Donckerwolke mengawali karirnya di dunia desain pada tahun 1990 bersama Peugeot di Perancis. Tahun 1992 pindah ke Ingolstadt selama 2 tahun dan bergabung bersama Audi Desain. Pada tahun 1994 – 1996, Donckerwolke bekerja di Skoda Design Center Mlada Boleslav di Republik Ceko. Kontribusinya untuk Skoda yaitu desain Skoda Octavia di tahun 1996 dan Skoda Fabia di tahun 1999.


Setelah bekerja untuk Skoda, Donckerwolke kembali ke Audi sebagai concept development. Disini Donckerwolke mengerjakan Audi A4 Avant dan Audi R8 Le Mans Racer.




Lamborghini Diablo



Lamborghini Murcielago


Lamborghini Gallardo

Donckerwolke menjadi head of desain Lamborghini dari tahun 1998. Disinilah Donckerwolke mendesain Lamborghini Diablo VT 6.0 pada tahun 2001. Tak hanya sampai disitu. Konsep Lamborghini Diablo dikembangkan dan menghasilkan jenis baru yang bernama Lamborghini Murcielago di tahun 2002. Oh iya, sekedar pengetahuan, semua mobil Lamborghini mempuyai mesin di belakang, karena Lamborghini selalu menghasilkan desain-desain supercar. Lamborghini Murcielago dikembangkan lagi dan jadilah Lamborghini Gallardo di tahun 2004. Lamborghini Gallardo ini memenangkan Red Dot Award di tahun 2003 saat Gallardo masih dalam bentuk konsep. Lamborghini Gallardo ini termasuk unik karena berbeda dari saudara-saudara tuanya. Lamborghini Gallardo ini berpintu biasa yang membuka ke samping, padahal mobil Lamborghini sejak pertama kali berdiri sampai ada Murcielago, semuanya sudah berstandar pintu gullwing. Nah pada tahun 2006, bersama Walter de Silva, seorang desainer mobil juga, mendesain Lamborghini Miura Concept 2006. Lamborghini Miura adalah mobil pertama keluaran Lamborghini.


September 2005, Donckerwolke menjadi Design Director SEAT menggantikan Walter de Silva yang promosi ke Audi Brand Group. Kontribusi pertama Donckerwolke untuk SEAT yaitu SEAT Tribu concept, yang dipamerkan di Frankfurt motor Show 2007.



diambil dari wikipedia, diubah seperlunya

3 komentar: